Sabtu, 19 Maret 2016

5 Tips Ampuh Memilih & Membeli Laptop Sesuai Kebutuhan

Saat ini, ketergantungan masyarakat dengan teknologi sudah sangat tinggi. Laptop sudah seperti barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. Namun, banyak masyarakat yang kemudian mengeluh bahwa laptop yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, hal itu membuat hati admin sedikit tergelitik untuk membuat tulisan tentang “Bagaimana Cara Memilih Laptop yang cocok dengan kita?” Simak langkah-langkah berikut ini! Sebelumnya sediakan dulu segelas kopi dan snack yang banyak karena ulasan saya akan sedikit panjang XD



1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Membeli laptop sesuai kebutuhan adalah hal yang sangat penting. Untuk itulah admin menempatkannya di urutan pertama. Admin membagi kebutuhan pembeli menjadi tiga, yang ke-1 untuk pekerjaan kantor (tidak ada kebutuhan spesifik), yang ke-2 untuk desain grafis/video editing, dan yang ke-3 untuk game. Kebanyakan masyarakat berpikir bahwa laptop yang bisa digunakan untuk bermain game berat pasti lancar juga digunakan untuk proses bekerja. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya tidak semua laptop gaming bisa enak dan lancar ketika digunakan untuk bekerja.
Hal pertama yang harus diperhatikan  ketika memilih laptop untuk pekerjaan kantor adalah memilih processor dengan kemampuan multi-tasking yang bagus. Multi-tasking adalah kemampuan untuk membuka beberapa program secara sekaligus. Contohnya, ketika kita mengerjakan tugas kuliah, kita akan membutuhkan untuk membuka banyak program sekaligus, seperti Microsoft Word (untuk mengerjakan tugas), Mozilla/Web Browser dengan banyak Tab (untuk mencari sumber), PDF, dan mungkin juga pemutar musik. Dalam hal ini, processor merk Intel adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan yang lain. Di samping itu, kemampuan Intel untuk mengolah desain 3D dan bermain game juga tidak terlalu buruk sehingga sangat cocok bagi masyarakat yang memiliki banyak kebutuhan. Jadi untuk anda yang mencari laptop hanya untuk kebutuhan bekerja/tidak ada kebutuhan spesifik, admin sarankan anda memilih processor dengan merk Intel. Selain harganya lebih terjangkau, kemampuan multi-tasking Intel masih lebih baik dibandingkan dengan yang lain.
Pada dasarnya laptop untuk desain grafis 3D dan game hampir sama, karena dalam game sendiri pun juga membutuhkan pengolahan grafis 3D. Namun, admin menulisnya berbeda karena memang laptop untuk game membutuhkan spesifikasi yang cenderung lebih tinggi dibandingkan untuk desain grafis. Ketika memilih laptop untuk desain grafis/video editing atau game, yang perlu diperhatikan adalah processor dan VGA dimana kita akan memilih processor dan VGA dengan kemampuan mengolah grafis 3D yang bagus. Processor Intel biasanya memiliki VGA yang sudah terhubung (On Board) yang biasa disebut Intel GMA HD, biasanya pada spesifikasi laptop tertulis Intel HD Graphics 3000 atau semacamnya (namun saat ini sudah cukup banyak laptop processor Intel dengan VGA yang terpisah, seperti dengan VGA ATI Radeon dan Nvidia Ge Force). Walaupun processor Intel memiliki kemampuan multi-tasking yang paling baik, processor AMD yang biasanya dipadukan dengan VGA ATI Radeon memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam mengolah grafis 3D. Selain itu, harga laptop yang memiliki processor AMD juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Intel. Dengan budget 5jt-an, anda sudah bisa mendapatkan AMD A6 atau bahkan A8. Jadi, hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membeli laptop dengan kemampuan mengolah grafis 3D yang bagus adalah dengan memilih processor AMD (sebenarnya proessor Intel Core i5 juga memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam mengolah data grafis 3D, namun untuk saat ini harga dari Core i5 itu sendiri masih sangat mahal, berkisar antara 7jt-an). Untuk pemilihan VGA, Nvidia Ge Force adalah yang paling bagus untuk saat ini. Namun, harga dari VGA Nvidia Ge Force adalah yang paling mahal jika dibandingkan dengan Intel dan ATI. Jadi, saya lebih menyarankan pemilihan VGA Nvidia Ge Force ini untuk game.

Banyak orang mencari laptop gaming dengan spesifikasi mumpuni namun memiliki harga yang murah. Untuk pemilihan processor, Intel ataupun AMD menurut saya tidak ada masalah selama VGA yang mendampingi juga bagus untuk mengolah grafis 3D, contohnya Nvidia Ge Force. Namun perlu diketahui bahwa jika dalam kondisi spesifikasi yang sebanding, processor Intel lebih mahal harganya dibandingkan dengan AMD. Saat ini, Laptop dengan processor AMD A6/A8 dengan VGA ATI Radeon adalah yang paling terjangkau harganya (sekitar 5jt an) dan laptop ini juga sudah mampu melahap game-game masa kini seperti PES 2013 dan Naruto Ultimate Ninja Storm dengan lancar. Sebagai tambahan, ketika kita mencari laptop gaming, jika ingin processor merk Intel, pilih tipe Core i5/i7. Atau jika ingin membeli processor merk AMD, pilih tipe AMD A10 atau AMD FX. Untuk pemilihan VGA pilih Nvidia Ge Force GT-series atau ATI Radeon R5/R7. Harga laptop dengan VGA tipe-tipe tersebut masih cukup terjangkau untuk ukuran laptop gaming, berkisar 6-7jt an.

Silahkan klik sebagai referensi tambahan pembaca:
Perbedaan Processor AMD dan Intel
Pengertian & Fungsi VGA pada Komputer

2. Ukuran Layar
Ketika membeli laptop, anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yaitu notebook atau netbook (Perbedaan Notebook dan Netbook). Perbedaannya adalah bahwa Netbook memiliki ukuran layar yang lebih kecil, yaitu sekitar 6-13 inchi. Admin sendiri lebih menyarankan untuk membeli notebook daripada netbook karena berbagai alasan. Admin menyarankan pilihlah laptop dengan ukuran layar 14” karena ukuran tersebut menurut admin sudah sangat sesuai dengan mata kita, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Namun, biasanya ada beberapa orang yang ingin memiliki laptop dengan layar kecil (a.k.a. Netbook) karena berbagai alasan, seperti lebih ringan ketika dibawa, harga yang jauh lebih terjangkau, atau ukurannya yang cocok untuk kalangan perempuan. Jadi untuk anda yang menginginkan Netbook, admin menyarankan untuk memilih Netbook dengan ukuran 11-12 inchi karena jika anda memilih laptop di bawah ukuran tersebut, mata anda akan terasa cepat lelah karena terlalu lama melihat ukuran tulisan/objek yang terlalu kecil.

Silahkan klik sebagai referensi tambahan pembaca:
Perbedaan Notebook & Netbook

3. Perhatikan Processor dan VGA
Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika membeli laptop adalah processor karena processor adalah inti dari laptop anda. Jadi, admin menyarankan anda untuk memilih processor yang bagus karena laptop yang anda beli nantinya akan anda gunakan selama bertahun-tahun. Untuk pemilihan processor itu sendiri, admin menyarankan minimal adalah Intel Core i3, atau kalau anda lebih memilih merk AMD, admin menyarankan untuk memilih AMD A8. Karena untuk saat ini, processor dengan kapasitas tersebut sudah cukup mumpuni ketika digunakan untuk mengolah program-program aplikasi terbaru.
Banyak orang yang tidak memperhatikan VGA pada sebuah laptop padahal VGA adalah salah satu komponen utama yang harus diperhatikan setelah processor. Ada 3 merk VGA yang terkenal untuk saat ini, yaitu Intel, ATI, dan Nvidia. Ketika anda membeli laptop dengan VGA Intel, admin sarankan untuk memilih tipe 5000 ke atas (contoh: Intel HD Graphics 5500) karena tipe ini adalah tipe terbaru yang dikeluarkan Intel dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan tipe sebelumnya (Baca: Kelebihan Intel Broadwell Generasi ke-5). Selain itu, anda juga bisa mendapatkan laptop dengan VGA ini dengan harga hanya 5-jt an. Cukup terjangkau bukan? Sedangkan jika anda memilih laptop dengan VGA ATI Radeon, perhatikan baik-baik apakah VGA tersebut terpisah atau terintegrasi (biasanya akan tertulis Integrated Memory yang menandakan bahwa VGA tersebut terintegrasi). Jika terdapat tulisan tersebut, admin mengingatkan agar anda tidak tertipu sales yang mencoba menarik anda untuk membeli laptop tersebut dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah. Admin lebih menyarankan anda untuk tidak memilihnya karena performa dari VGA AMD yang terintergrasi dan terpisah benar-benar jauh berbeda. Berbeda dengan Intel yang memang sudah dari awal fokus dalam mengembangkan VGA terintegrasi. Tipe yang admin sarankan untuk VGA ATI Radeon adalah tipe R5 ke atas yang performanya sudah cukup mumpuni untuk menjalankan Adobe Premiere Pro 2015 atau bahkan game PES 2013 dengan lancar. Kemudian untuk VGA jenis Nvidia Ge Force, perlu diketahui bahwa VGA jenis ini adalah yang terbaik dibandingkan Intel dan ATI karena mereka memang fokus dalam pengembangan VGA saja. Yang paling memasyarakat adalah Nvidia GT-series di mana pembeli bisa mendapatkan VGA murah namun memiliki kemampuan berkualitas. Untuk anda yang mau membeli VGA Nvidia Ge Force, admin menyarankan anda untuk memilih tipe 920M dengan memori 2GB. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 6-jt an. Cukup murah untuk ukuran VGA terbaik.

4. Kapasitas Harddisk
Sebenarnya harddisk tidak terlalu penting karena kita bisa mengganti dengan kapasitas yang lebih besar nantinya. Namun, admin menyarankan untuk memilih harddisk sesuai dengan kebutuhan kita. Walaupun kita dapat menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar nantinya, namun akan sangat merepotkan bukan jika kita harus memindahkan data kita yang sudah beratus-ratus GB dari harddisk lama ke harddisk yang baru? Jadi sebagai referensi anda saja, admin menyarankan anda untuk memilih harddisk dengan kapasitas minimal 500GB karena menurut admin harddisk dengan kapasitas tersebut sudah sangat besar untuk menampung data-data kita.

5. Perhatikan Bentuk Fisik dari Laptop
Mengapa admin menyarankan untuk memperhatikan bentuk fisik laptop? Karena admin memiliki pengalaman ketika pada waktu itu tahun 2010an, admin membeli laptop ACER 4750 dengan spesifikasi yang menurut admin sudah cukup mumpuni pada saat itu. Namun, admin hanya melihat spesifikasi internal saja dan tidak memperhatikan spesifikasi eksternal seperti letak kamera, jumlah port USB, letak CD Drive, letak kipas, bentuk keyboard, bentuk touchpad, letak baterai, letak speaker, ketersediaan Port SD Card, dan hal-hal lain pada bagian luar laptop. Alhasil, admin membeli laptop ACER tersebut yang memiliki bentuk keyboard yang menurut admin kurang bagus (ACER keluaran terbaru sekarang memiliki tampilan dan bentuk keyboard yang berbeda dengan yang lama).

Bisa anda lihat pada gambar di atas bagaimana bentuk keyboard dari laptop admin. Terdapat banyak rongga yang mana akan mudah kemasukan kotoran seperti debu atau makanan. Ketika ada barang yang terselip di antara rongga tersebut, admin harus mengambilnya dengan susah payah yaitu dengan mencongkel benda tersebut agar bisa keluar dan resikonya adalah salah satu huruf juga akan bisa ikut tercongkel, seperti pada gambar di atas. Selain itu, tombol arah pada keyboard admin tersebut juga lebih kecil disbanding tombol yang lain, jadi menurut admin tombol tersebut terlalu kecil dan kurang nyaman ketika ditekan. Jadi kesimpulannya, jangan hanya melihat spesifikasi internalnya saja, namun perhatikan juga apakah bentuk dan peletakan-peletakan komponen seperti yang sudah admin sebutkan di atas cocok untuk anda.

Bagaimana? Sudah Capek? XD
Jika anda benar-benar memperhatikan dan mengikuti langkah-langkah di atas, admin jamin laptop yang anda pilih akan mampu memuaskan anda. Selamat Memilih!

Terimakasih telah singgah di blog Tech-Up. Mungkin masih banyak kekurangan dari tulisan saya. Kalau agan-agan sekalian mau menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar. :))

4 komentar:

  1. apakah RAM tidak penting? kok tidak dibahas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAM juga salah satu komponen penting ketika membeli laptop, namun tidak saya bahas karena kita bisa dengan mudah mengganti atau menambah kapasitas RAM laptop kita. Selain itu, harga RAM juga tidak terlalu mahal. Jadi, menurut saya tidak masalah jika RAM laptop anda memiliki kapasitas kecil, anda bisa menggantinya di kemudian hari XD
      terima kasih atas kunjungannya, mampir lagi gan.

      Hapus
  2. mas admin,,bleh minta saran?? laptop yg bagus yg hrgx 4jt-an?? bwt kuliah. thanksss minn :)

    BalasHapus